Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Dunia Usaha

Perkembangan Teknologi Informasi yang sangat pesat belakangan ini, mempengaruhi dunia usaha. Tak terkecuali Indonesia yang merupakan negara berkembang, tak lepas dari pengaruh perkembangan teknologi informasi. Pertukaran informasi semakin cepat dengan adanya internet, semakin banyak orang membutuhkan informasi yang cepat dan akurat maka penggunaan internet menjadi suatu kebutuhan yang utama dan salah satu peluang dalam memperluas cakupan bisnis. Hal ini memungkinkan bagi dunia usaha untuk melakukan proses bisnis melalui internet seperti dengan memasarkan barang dan jasa yang dimiliki secara online melalui internet atau yang dikenal dengan istilah e-marketing (electronic marketing). Oleh karena itu, sekarang sudah banyak digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile untuk membantu mempromosikan perusahaan secara digital.

Pemasaran barang atau jasa yang dilakukan oleh suatu perusahaan melalui e-marketing sekarang ini sudah banyak diterapkan oleh banyak perusahaan. Hal ini dikarenakan banyaknya keuntungan serta manfaat yang didapat oleh perusahaan dibandingkan dengan penerapan metode pemasaran secara tradisional. Keuntungan tersebut diantaranya adalah kemudahan akses informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan, kemudahan penyebaran informasi produk maupun luasnya jangkauan daerah pemasaran.

CV. IMA merupakan distributor produk-produk dari luar negeri dan salah satunya adalah produk kecantikan “Menard Cosmetic”. Saat ini strategi pemasaran yang digunakan oleh CV. IMA dalam memasarkan produk-produk Menard hanya melalui sales perusahaan, penawaran melalui telepon atau faksimil. Sehingga promosi dan penyebaran informasinya kurang efektif dan terbatas hanya pada penyalur ataupun beberapa pelanggan yang ditawarkan secara langsung oleh CV. IMA.

Untuk mendukung kemajuan perusahaan maka CV. IMA melakukan pembaharuan dalam strategi pemasarannya dengan melakukan langkah aktif melalui pemanfaatan teknologi internet yaitu memanfaakan sarana pemasaran online berbasis web (e-marketing) yang nantinya diharapkan mampu memenuhi kebutuhan informasi bagi para pelanggan dan meningkatkan pangsa pasar yang telah dimiliki pada saat ini. Dengan memanfaatkan keunggulan faktor pemasaran berbasiskan internet ini maka diharapkan penjualan produk kencantikan CV. IMA dapat meningkat, memiliki pangsa pasar yang lebih luas serta dapat bersaing dengan produk-produk kecantikan lainnya di Indonesia. Bahkan, saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile untuk membuatkan websitenya.

Komentar