Memperluas Jangkauan Promosi dengan Media Sosial

Promosi yang memiliki definisi mengenai satu variabel dalam bauran pemasaran yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk jasa. Kegiatan promosi bukan saja berfungsi sebagai alat komunikasi antara perusahaan dengan konsumen, melainkan juga sebagai alat untuk mempengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian atau penggunaan jasa sesuai dengan keiinginan dan kebutuhannya. Hal ini digunakan dengan alat-alat promosi (Lupiyoadi dan Hamdani, 2014). Adanya kebutuhan promosi juga membuat perusahaan agency digital yang menawarkan layanan jasa social media marketing semakin berkembang. Dimensi promosi terdiri dari 5 hal menurut Kotler dan Keller (2016: 582)

yaitu:

a. Periklanan: presentasi non personal dan promosi daripada ide, barang, atau jasa oleh sponsor tertentu. Periklanan dapat dilakukan melalui siaran televisi atau radio, menjadi sponsor, membayar iklan di media sosial, print atau online. Semakin sering iklan dilakukan, akan semakin kuat ingatan pelanggan terhadap produk perusahaan. Namun, tingkat intensitas saja tidak cukup dimana iklan yang baik adalah iklan yang mampu mendapatkan banyak pelanggan dengan strategi pemilihan waktu yang tepat, pemilihan media, pemilihan kalimat, dan lain sebagainya. Dimensi periklanan dalam penelitian ini adalah promosi non personal melalui spanduk.

b. Promosi penjualan: sebuah insentif jangka pendek untuk meyakinkan atau mengajak pelanggan untuk membeli. Promosi penjualan sebaiknya hanya dilakukan pada jangka pendek dan tidak efektif dilakukan dalam jangka panjang. Promosi penjualan bertujuan untuk meyakinkan pelanggan dengan teknik-teknik yang menarik. Promosi penjualan dapat dilakukan dengan cara memberikan diskon, kupon dengan minimal pembayaran tertentu, ataupun memberikan tester gratis kepada pelanggan.

c. Penjualan individu: interaksi personal antara tenaga penjualan perusahaan denga pelanggan dengan tujuan memperoleh pelanggan, menghasilkan penjualan, dan membangun hubungan dengan pelanggan. Penjualan individu dilakukan dengan interaksi antar dua orang atau lebih sehingga setiap pihak dapat melakukan observasi kebutuhan dan secara cepat dapat dengan langsung membuat keputusan. Indikator dari penjualan individu adalah presentasi, pameran.

d. Hubungan masyarakat: membangun hubungan yang baik dengan pihak- pihak yang berkepentingan dengan perusahaan dengan membangun citra perusahaan dan bertugas mengatasi berbagai rumor yang tidak baik berkenaan dengan pelanggan. Indikator untuk hubungan masyarakat yaitu informasi di tempat.

e. Pemasaran langsung dan digital: mempromosikan secara langsung kepada pelanggan yang sudah menjadi target untuk membangun hubungan jangka panjang. Indikator pemasaran digital melalui instagram. Pemasaran secara digital juga dimanfaatkan oleh agency digital yang menawarkan jasa social media marketing untuk membantu perusahaan dalam memperluas promosinya.

Komentar