Jangan Sembarang Pilih Sepatu Berlari, Ada Tipsnya Loh

Baru mulai menyukai olah raga lari atau akan beli sepatu lari baru? Jangan tergesa-gesa, sepatu lari harus nyaman digunakan, ini tips-nya.

Olah raga lari jadi pilihan untuk ingin jaga kesehatan badan ditengah-tengah sibuknya melakukan aktivitas. Bagaimana tidak, lari cukup gampang dilaksanakan.

Lari dapat dilaksanakan dimana dan kapan saja. Contohnya sebelum pergi kerja, kamu dapat lari melingkari komplek perumahan.

Tetapi harus diingat, memakai sepatu lari yang keliru dapat juga jadi pemicu kamu jatuh serta luka waktu lari. Ditambah lagi, umumnya sepatu lari berasa semakin nyaman saat kamu cobanya di toko.

Nah, situasi sebenarnya akan berasa jika kamu telah menggunakan sepatu lari itu dengan jarak beberapa km.. Waktu itu kamu baru sadar jika sepatu lari yang pas untuk tidak bergantung pada mereknya, tetapi pada beberapa hal, termasuk juga tempat waktu lari, style lari, berat tubuh, serta bentuk dan telapak kaki.

Tidak terpikirkan awalnya kan? Dibanding bingung, mending kamu baca panduan pilih sepatu lari yang pas di bawah ini.

Bentuk telapak serta gerak kaki

Pasti, bentuk telapak kaki setiap orang berlainan, hingga tidak semua pas pada satu sepatu lari yang serupa. Penting untuk ketahui bentuk telapak kaki serta type pergerakan kaki supaya bertambah gampang dalam pilih sepatu lari yang pas.

Pada intinya ada tiga bentuk kaki. Pertama normal arch, bentuk kaki ini mempunyai pojok kelengkungan yang normal disamping dalam telapak kaki. Normal arch umumnya mempunyai pronasi (type pergerakan kaki) yang normal . Saat lari, kelengkungan kaki akan memengaruhi pergerakan kaki serta hentakan kaki di tanah. Dengan bentuk telapak kaki ini akan dianjurkan memakai sepatu dengan sedikit lengkungan dibagian tengah sepatu yang umum disebutkan semi curved shoes. Anda dapat mencari dan menemukan sepatu boot berkualitas dengan harga terjangkau hanya di tempat jual sepatu safety .

Ke-2, low arch yang mempunyai bentuk telapak kaki dengan pojok kelengkungan kecil hingga nampak cukup rata. Biasa bentuk telapak kaki ini seringkali disebutkan flat foot. Low arch mempunyai type pergerakan kaki overpronation. Kaki dengan bentuk ini condong menekuk kakinya ke luar dibandingkan dengan kelengkungan kaki normal. Sepatu yang pas umumnya ialah sepatu dengan motion control.

Paling akhir ialah high arch. Bentuk kaki High Arch mempunyai sisi tengah kaki yang bertambah tipis dibandingkan bentuk kaki yang lain. Desakan yang besar umumnya ada di bagian tumit serta sisi depan kaki. Type pergerakan kaki ini ialah underpronation dengan pergerakan kaki menekuk ke.

Sepatu yang pas umumnya ialah neutral shoes yang mempunyai bantalan kaki di bagian depan serta tumit untuk menyangga kaki. Pemilik bentuk telapak kaki ini umumnya mempunyai kaki berupa O. Hingga, perlu penyeleksian sepatu yang pas.

Tempat lari

Saat kamu akan beli sepatu lari, pikir dahulu tempat dimana akan memakainya. Apa di jalan aspal (road running), di atas mesin treadmill, atau di permukaan berbatu (trail running)?

Biasanya, seperti diambil dari Kompas.com, sepatu road running direncanakan untuk digunakan di permukaan rata serta keras seperti aspal. Sepatu tipe ini diperlengkapi bantalan untuk menahan bentrokan dan untuk bikin cara kamu bertambah konstan.

Sepatu cross pelatihan sedikit tidak sama, sebab direncanakan untuk dipakai di gym atau tempat kesehatan. Umumnya sepatu cross pelatihan memberikan kesetimbangan pada penggunanya lewat sol serta bantalan yang tebal.

Sedang sepatu trail running direncanakan untuk digunakan di permukaan berbatu, berlumpur, dengan beberapa halangan seperti akar pohon serta rumput. Sepatu tipe ini diperlengkapi sol anti slip dan bentuk serta bahan spesial untuk memberikan dukungan, kestabilan, dan perlindungan kaki.

Bantalan empuk

Buat kamu yang mempunyai berat tubuh di atas rerata, sepatu lari dengan bantalan yang bertambah tebal dari sepatu lari biasanya semakin lebih dianjurkan. Sebab, bentrokan di antara kaki dengan permukaan yang perlu diredam oleh sepatu akan makin besar.

Bantalan yang empuk pada sepatu berperan untuk semakin nyaman saat dipakai. Tiap sepatu mempunyai tehnologi serta featurenya semasing termasuk juga bantalan yang ada di sepatu. Penting untuk memerhatikan bantalan sepatu yang pas buat kaki supaya nyaman saat dipakai untuk lari.

Mode sepatu

Pilih sepatu lari yang pas jangan cuma lihat dari modenya saja. Memang di toko, kamu akan disuguhi bermacam mode yang menarik, seolah-olah paling prima bila digunakan.

Sepatu lari yang bertambah lentur dibagian yang akan menekuk waktu lari dipandang bertambah fleksibel di kaki. Sepatu yang kaku akan membuat kaki tidak nyaman dan mempunyai potensi mengakibatkan luka.

Cocokkan ukuran

Bila telah mendapatkan kenyamanan serta mode yang pas, tentu saja yang perlu dipikir waktu pilih sepatu lari ialah ukuran. Jauhi beli sepatu dengan ukuran yang begitu cocok atau cukup ketat, sebab bisa membuat kaki lecet.

Jangan yakin pada mitos jika sepatu lari nanti akan melonggar sendirinya bersamaan penggunaan. Itu tidak selamanya berlangsung! Serta, beda brand serta mode, karena itu tidak sama keselarasan ukuran sepatu dengan kaki.

Bila ingin membeli sepatu lari seharusnya pada malam atau sore hari, waktu kaki akan melebar sesudah sepanjang hari dipakai untuk melakukan aktivitas.

Imbuhkan 1/2 sampai satu ukuran semakin besar dari ukuran kaki. Waktu coba sepatu lari di toko tekankan ada tersisa ruangan seputar satu jemari di antara ujung kaki dengan sepatu. Perlu diperhitungkan lebar kaki, sebab jika begitu sempit di samping tidak nyaman digunakan lari.

Yang penting waktu pilih sepatu lari ialah kenyamanan. Di toko ada beberapa ratus brand serta mode sepatu lari yang merayu. Harga sepatu lari juga mahal. Jadi, janganlah sampai salah waktu pilih sepatu lari!

Komentar