5 Cara Mudah Merawat dan Membersihkan Noda Sepatu Suede

Image result for 5 Cara Mudah Merawat dan Membersihkan Noda Sepatu Suede"

Dari menjaga agar warna masih kinclong sampai bersihkan dari noda air kotor, lumpur, serta minyak, semua dapat dicoba.

Sepatu memiliki bahan suede memang cantik. Tetapi sepatu ini lawan buat air serta debu tebal. Jika kamu pakai sepatu ini sepanjang hari, ditambah lagi tiap hari di luar ruang, bisa saja sepatu suede kecintaan kamu jadi mudah buluk atau rusak.

Nah, untuk menahan ini berlangsung, khususnya untuk kamu yang warna sepatu suede-nya masih cemerlang, lima panduan dari Seventeen ini gampang untuk dipraktikkan. Kuy, langsung cek berikut ini.

1. Hindari dengan Gunakan Semprotan Pelindung
Sebab sepatu suede terhitung barang ‘manja’, jadi kamu harus lebih tambahan dalam merawatnya. Nah, untuk berjaga-jaga kalau-kalau sepatu itu akan terkena noda atau debu, karena itu semprotkanlah spray pelindung di sepatu safety itu.

Dengan spray ini, jika mendadak sepatu kamu terkena noda lumpur atau kubangan air hujan, karena itu noda itu tidak langsung mengakibatkan kerusakan sepatu. Berarti, kamu masih memiliki waktu untuk bersihkan sepatu kecintaan supaya kerusakannya tidaklah sampai permanen.

Untuk cari produk semprotan pelindung sepatu, kamu dapat membelinya di beberapa toko spesial sepatu atau beli di toko daring. Tinggal mencari produk dalam kata kunci “spray pelindung sepatu” atau “waterproof spray” atau “protect spray”, tentu bertemu. Pelindung ini bukanlah hanya berlaku untuk bahan suede, tetapi beberapa bahan yang lain dapat juga.

2. Gunakan Kuas untuk Bersihkan
Masih terkait dengan point pertama, untuk bersihkan sepatu yang terserang noda, kamu dapat gunakan sikat atau kuas spesial untuk membersihkannya.

Jika sepatu kamu basah, remas koran (atau tipe kertas yang lain) serta masukan ke sepatu untuk menolong sepatu menjaga memiliki bentuk. Selanjutnya, biarlah sepatumu betul-betul kering. Sesudah kering, pakai sikat pembersih sepatu (gampang dicari di toko daring) untuk membersihkannya.

3. Setiap Noda Memiliki Taktik Masing-Masing
Tidak semua noda dibikin sama, jadi kamu harus memiliki taktik waktu membersihkannya.

Noda lumpir terhitung yang gampang di hilangkan, tetapi kamu harus sabar. Nantikan sampai lumpur jadi kering seluruhnya. Kemudian, sikat dengan permukaan datar sikat pembersih, gosok perlahan-lahan kotoran yang mengeras. Selanjutnya, tekan dengan kuat serta gosok kotoran yang masih ada.

Untuk noda susah seperti minyak, jika sepatu masih basah, tuang tepung jagung dalam jumlahnya banyak ke ruang bernoda (tepung jagung sebaiknya menyerap minyak). Biarlah semalaman serta membersihkan tepung jagung secara halus. Bila noda masih ada, membersihkan dengan cuka putih memakai sikat gigi atau sikat halus.

Untuk noda air, membersihkan (jangan digosok!) dengan tisu atau kain kering untuk menyerap air. Selanjutnya, biarlah sepatu dalam tempat yang sejuk supaya kering. Tetapi siaga pada semua tipe panas sebab dapat mengakibatkan kerusakan suede makin banyak.

4. Taruh di Tempat Kering
Nah, untuk mencegah, warna suede dapat menghilang secara cepat sebab berbahan yang halus. Oleh karenanya, taruh dalam tempat yang gelap. Atau yang perlu, jauh dari kamar mandi atau tempat yang lembap supaya tidak mengakibatkan kerusakan kainnya.

5. Jangan Di taruh di Kantong Plastik
Jika kamu bawa sepatu suede untuk bahan ubah, lebih baik simpan di kantong atau tas kain dibandingkan kantong plastik. Soalnya, bahan plastik simpan udara lembap. Jika kamu bawa sepatu itu di plastik dengan waktu yang lama, karena itu mempunyai potensi membuat bulu sepatu jadi kasar serta warnanya menghilang.

Komentar