Pentingnya Penerapan K3 di Dunia Kerja



Berdasar data Tubuh Pelaksana Agunan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan di Indonesia sudah berlangsung 105.182 masalah kecelakaan kerja sampai akhir tahun 2015. Dimana 2.375 masalah dari keseluruhan jumlahnya kecelakaan kerja adalah masalah kecelakaan berat yang menyebabkan kematian. Angka kecelakaan kerja itu relatif tinggi sekali. Pemicu kecelakaan kerja yang seringkali didapati salah satunya tingkah laku yang tidak aman, situasi keadaan yang tidak aman, atau ke-2 keadaan itu berlangsung dengan bersama dengan – sama. Keadaan ini terkadang diperburuk dengan keterlambatan info pada pihak perusahaan hingga tidak selekasnya diatasi.

Rendahnya kesadaran akan penggunaan sepatu safety dan utamanya aplikasi Keselamatan serta Kesehatan Kerja (K3) khususnya pada bidang industri jadi pemicu penting berlangsungnya kecelakaan kerja di Indonesia. Masih seringkali diketemukan asumsi jika aplikasi K3 condong mahal karena itu diperlukan alokasi anggaran yang lumayan besar dalam realisasinya.

Undang-Undang K3 di Indonesia

Prioritaskan Keselamatan Serta Kesehatan Kerja
Walau sebenarnya penyelenggaraan K3 ini perlu mengingat risiko kecelakaan bisa berlangsung dimana dan kapan saja. Pemerintah Indonesia sendiri sudah mengendalikan penyelenggaraan K3 ini dalam Undang-undang No. 1 Tahun 1970, No. 23 Tahun 1992, serta No. 13 Tahun 2003. Serta pemerintah sudah mengendalikan dengan jelas buat perusahaan yang tidak melakukan ketetapan undang-undang karena itu dipakai denda terbanyak Rp15.000.000,- atau pidana kurungan paling lama 1 tahun.

Aplikasi K3 ini mempunyai tujuan membuat perlindungan karyawan dari beberapa jenis bahaya kerja. Jika berlangsung kecelakaan kerja karena itu karyawan akan memperoleh agunan aksi medis sampai pulih tanpa ada batasan ongkos penyembuhan. Sedang untuk karyawan yang wafat, atau cacat tetap mendapatkan ongkos pemakaman dan pemberian beasiswa pendidikan buat pakar warisnya.

Faedah Keselamatan serta Kesehatan Kerja (K3)

Utamanya K3 dalam perusahaan
Bukan sekedar karyawan yang bisa rasakan faedah K3 ini. Perusahaan dapat diuntungkan dengan aplikasinya. Saat perusahaan Kamu sudah mengaplikasikan K3 dalam proses kerja, stakeholder akan yakini jika mekanisme kerja perusahaan Kamu telah bagus hingga terjamin kualitas hasil kerjanya. Aplikasi K3 dapat jadi tolak ukur Standar Operating Procedures (SOP) hingga jika berlangsung kecelakaan, perusahaan bisa mengenali sisi proses mana yang salah serta butuh diperbaiki. Tidak itu saja, tingkat produktivitas karyawan akan bertambah bersamaan dengan agunan keamanan yang diberi oleh perusahaan.

Memonitor Keselamatan Kerja Karyawan dengan Tehnologi

Aplikasi Cared untuk awasi keselamatan karyawan
Jaga keselamatan kerja karyawan ialah jadi pekerjaan dari perusahaan. Tidak hanya dapat pastikan semua keadaan karyawan dalam kondisi baik, aplikasi K3 dapat menahan kerugian fisik & finansial buat perusahaan atau karyawan.

Perubahan tehnologi sekarang benar-benar dapat digunakan untuk awasi keselamatan kerja di perusahaan. Langkah yang termudah dengan mengoptimalkan peranan smartphone yang dipunyai oleh karyawan. Aplikasi Cared ada untuk menolong perusahaan pastikan keselamatan karyawannya waktu kerja. Ditambah lagi untuk karyawan yang kerja dalam tempat dengan risiko tinggi. Aplikasi ini sangat mungkin karyawan untuk mengirim info dengan realtime pada perusahaan waktu berlangsung keadaan genting di lapangan lewat piranti smart phone. Hingga perusahaan bisa memberi tanggapan lebih cepat serta pas

Di dukung oleh feature Panic Button serta Safety Confirmation. Sangat mungkin karyawan perusahaan bisa mengirim info aktual waktu kondisi genting cukup dengan sekali tekan. Hingga tidak berlangsung keterlambatan perlakuan waktu berlangsung kecelakaan kerja.

Kesehatan serta keselamatan kerja di perusahaan mempunyai tujuan supaya karyawan bisa kerja dalam keadaan yang sehat, nyaman, serta aman hingga terus menggerakkan produktivitas perusahaan. Karena itu, dibutuhkan tekad, loyalitas, serta kerja sama yang baik di antara karyawan serta perusahaan sendiri dalam rencana aplikasi K3 ini.

Komentar