Keunggulan Teknologi Informasi


Keunggulan dalam teknologi informasi telah memainkan peranan yang menyolok dalam meramalkan perubahan dalam struktur dan proses organisasi (Robey dan Azevedo 1994). (HBR September-October 1995). Walaupun, seperti yang diungkapkan oleh Yetton dkk. (1994), nilai strategis transformasi gradual perusahaan sama sekali bukan konsekwensi langsung dari aplikasi teknologi informasi, tetapi merupakan fungsi interaksi tersendiri dari organisasi, individu, dan faktor-faktor teknologi, untuk mana teknologi informasi merupakan katalisator awal.Kepopuleran atau keberhasilan dari suatu bisnis bisa diukur dengan semenarik apa sebuah website yang dimiliki perusahaan tersebut,jasa pembuatan website jakarta pusat bisa membantu para pembisnis dalam pembuatan website untuk perusahaannya. Disebutkan secara luas, MIT Management dalam kerangka 1990- an menganggap bahwa strategi bisnis perusahaan memicu penjajaran (alignment) sesudahnya dan menyusun kembali struktur organisasi, proses manajemen, keahlian dan peranan individu, dan teknologi (Morton 1991 dalam Yetton dkk. 1994).




Namun Mc Kenney (1995 dalam Indriantoro 1996) telah menguraikan dengan mendalam perubahan basis kompetisi bisnis karena teknologi informasi.Kepopuleran atau keberhasilan dari suatu bisnis bisa diukur dengan semenarik apa sebuah website yang dimiliki perusahaan tersebut,jasa pembuatan website jakarta pusatbisa membantu para pembisnis dalam pembuatan website untuk perusahaannya. Dengan mendasarkan pada hasil studinya di lima perusahaan besar di Amerika, Mc Kenney meringkasnya menjadi kerangka perubahan yang meliputi tahapantahapan; (1) krisis pengolahan informasi dan pencarian solusi teknologi informasi, (2) membangun kompetensi, (3) memperluas cakupan teknologi informasi, (4) menggunakan teknologi informasi untuk memampukan struktur dan mendongkrak strategi, dan (5) teknologi informasi menjadi alat strategi dan pesaing mulai meniru.

Jadi teknologi informasi tidak sekedar alat untuk meramalkan perubahan sebagaimana dikemukakan oleh Robey dan Asevedo di atas. Model bisnis baru yang diciptakan tersebut menggunakan kemampuan teknologi informasi untuk mendukung komunikasi luas. Dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat dengan dipicu oleh semakin canggihnya peralatan teknologi informasi perusahaan, pencarian dan penerapan konsep dan strategi bisnis baru telah menjadi sesuatu yang lazim dilakukan.

Komentar