Tips Perawatan Sepatu Basah

Sekian hari terakhir, sepertinya beberapa orang sudah bukan mengeluhkan masalah matahari yang terus menerus buat hati, eh, kepala panas deh. Sebaliknya, kita malah sudah seringkali mengeluhkan musim hujan yang mulai perlahan-lahan datang.

Setelah siang hari yang mendung cabut dari peredaran, hujan biasanya langsung terjun dan buat kita yang ngak siap jadi lepek alias basah kuyup di jalan. Jika sudah begini, bukan hanya masalah kepala sampai tubuh, yang terkadang kita masih dapat selamatkan lewat pakai payung atau jas hujan.

Tetapi bagaimana nasib sepatu yang lagi kita pakai? Bayangin saja, sepatu yang disayang-sayang selama musim kemarau kemarin, saat ini harus ikhlas berkubang dengan air hujan dan genangan becek. Males banget, kan? Karenanya, untuk ngejaga sepatu Anda semua aman dari serangan kebasahan air hujan, ini ada beberapa tips yang mungkin dapat diikutin!


1. Sedia Ini Sebelum Hujan

Ada dua hal yang dapat kita lakukan untuk melindungi sepatu dari kerusakan saat musim hujan. Yang pertama, pastinya yaitu mencegah. Yang kedua, baru perbaikan.

Masalah mencegah, ada tiga hal yang dapat kita lakukan sebelum sepatu kita keburu terkena basah. Pertama dan paling sederhana, bawa saja sandal jepit kemana saja pas lagi musim hujan. Bila miliki biaya lebih, kita dapat pakai jas sepatu. Jadi sepatunya terproteksi, tidak repot juga dipakainya.

bila kita miliki biaya yang lebih lagi, kita dapat beli water repellent. Manfaatnya untuk melapisi bagian sepatu agar tidak basah saat terkena air. Jadi sistemnya, seperti pelapis anti air. Sekalinya disemprot sama senjata ini, sepatu kita dapat tahan air selama seminggu.

2. Bila Sudah Basah

Bila tiga hal yang ada di tahap pencegahan itu terlanjur luput dilakukan alias telah terlanjur beraktivitas, ada banyak hal juga nih yang dapat di lakukan agartidak bikin sepatu Andasemakin rusak akibat terkena basah.

Sepatunya tetaplah harus dicuci. Air hujan memiliki kandungan asam, oleh karenanya, sepatu bisa jadi tidak enak baunya, jadi harus dicuci.
Sepatu yang telah terlanjur basah itu bisa cukup di rendam di air bersih dan tidak perlu memakai detergen.

Setelah sepatu selesai direndam, kita dapat mengeringkannya dengan memakai panas dari cahaya lampu, kipas angin, hair dryer, atau pakai kertas. Yang penting, jangan mengandalkan cahaya matahari karena panas dari matahari dapat bikin gosong dan sepatu juga jadi keras.

3. Bila Sudah Kering

Bila sudah kering dan bau sepatu masih kurang sedap, kita dapat menyingkirkan baunya dengan memakai kopi, beras, atau baking soda. Tidak semua sepatu ternyata dapat dicuci pakai cara simpel seperti gitu. Cara tersebut hanya berlaku untuk sepatu-sepatu berbahan kanvas saja. Bila untuk sepatu yang bahannya sudah aneh-aneh, seperti suede, atau sneakers yang memang memerlukan perawatan khusus, kita tetap memerlukan cairan pembersih khusus untuk tempat jual sepatu safety di semarang.

Komentar